visitor

Selasa, 14 Januari 2014

ERCP (Endoscopic Retrograde Cholangio Pancreatography)

Endoscopic Retrograde Cholangio Pancreatography
Endoscopic Retrograde Choledocopancreatography (ERCP) adalah pemeriksaan radiografi pada pankreas
dan sistem billiary dengan bantuan media kontras positif dan menggunakan peralatan fiber optik endoskopi untuk menegakkan diagnosa. Dengan menggunakan endoskopi, dokter dapat melihat bagian dalam lambung dan duodenum, dengan menyuntikkan kontras ke dalam saluran billiary dan pancreas sehingga mendapatkan gambaran yang dibutuhkan.

Tujuan ERCP
Adalah pemeriksaan yang ditujukan untuk visualisasi secara retrograde dan mengetahui langsung saluran empedu dan duktus pankreatikus dengan memakai suatu duodenoskop yang dimasukan melalui mulut dan mempunyai pandangan samping.


Endoscopic retrograde cholangiopancreatography: Disingkat ERCP. Prosedur yang dilakukan untuk mendiagnosa dan merawat kelainan yang ada pada hati, kantong empedu, saluran-saluran empedu, dan pankreas, termasuk batu-batu empedu, penyempitan-penyempitan yang meradang (luka-luka parut), kebocoran-kebocoran (dari trauma dan operasi), dan kanker. ERCP menggabungkan penggunaan dari x-rays dan endoscope (tabung yang panjang, lentur dan disinari). ERCP digunakan untuk mendeteksi atau diferensisasi suatu penyakit saluran empedu dan pancreas setelah dilakukan anamnesis, pemeriksaan klinis, labolatoris, sonografis dan radiografis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar